Cara Mengkonsumsi Air Putih Ketika Kerja Berat

Cara Mengkonsumsi Air Putih Ketika Kerja Berat
5 (100%) 1 vote

Cara Mengkonsumsi Air Putih Ketika Kerja Berat

Cara Mengkonsumsi Air Putih Ketika Kerja Berat
Sekitar 70 persen pekerja di Indonesia bekerja di industri kecil menengah atau sektor informal belum memiliki pengetahuan mengenai fungsi dan kebutuhan air pekerja.

Padahal, kurangnya cairan dalam tubuh bisa menyebabkan penurunan daya konsentrasi, kemampuan berpikir, dan kewaspadaan seseorang.
Bagi yang beraktivitas dengan tingkat sedang pada iklim kerja cukup panas, baiknya pekerja minum satu gelas air (150 – 200 mL) setiap 15-20 menit,” katanya.

Jika lingkungan kerja yang panas atau jenis pekerjaan berat membutuhkan air minum2,8 Liter/hari dan jenis pekerjaan ringan atau pekerjaan dengan suhu lingkungan tidak panas membutuhkan air minum minimal 1,9 liter/hari.

Hindari minum cairan yang mengandung soda, kafein, kadar gula yang tinggi atau alkohol

Pastikan juga para pekerja untuk memilih air minum yang baik, yaitu air yang dingin (dalam suhu 10-15ºc) dan memenuhi syarat kesehatan.

Lebih dianjurkan bagi pekerja untuk minum air putih, bukan cairan yang mengandung soda, kafein, kadar gula yang tinggi atau alkohol, karena minuman-minuman ini justru akan mempermudah pekerja mengalami dehidrasi.

Iklim tropis di Indonesia menyebabkan risiko gangguan kesehatan pada pekerja menjadi lebih tinggi jika dibandingkan pekerja di negara beriklim dingin. Risiko yang paling sering terjadi adalah gangguan kesehatan akibat tekanan panas (heat stress).

Tentunya kita pernah melakukan aktivitas yang berlebihan. Misalnya saja; beres-beres rumah, mengejar kereta atau selesai olahraga seperti berlari. Ada hal yang perlu diketahui perihal mengkonsumsi air putih, ketika seseorang beraktivitas berlebihan. Contohnya: Sehabis lari marathon, rasa haus yang hebat akan sangat terasa di kerongkongan, ya enggak? Kalau begitu, selesai lari marathon, setiap orang ingin meneguk air putih sebanyak-banyaknya untuk memulihkan dahaga yang dirasakan. Tetapi tahukah Anda, bahwa ketika Anda melakukan lari marathon, saat itu juga konsentrasi vasopressin yang terkandung di tubuh akan meningkat. Vasopressin yang meningkat disebabkan oleh keadaan stress tubuh yang lelah saat marathon. Vasopressin adalah hormon antidiuretik, yang artinya itu ketika kadar hormon tersebut tinggi, maka tubuh cenderung akan menahan air di dalam tubuh untuk tidak dikeluarkan. Dan Anda tidak akan cepat merasa berkemih, walaupun sudah minum banyak air sehabis lari marathon. Dampaknya, mengkonsumsi terlalu banyak air akan berdampak fatal bagi Anda, dan Anda akan terkena hyponatremia.

Sekian Informasi mengenai Artikel Ini yaitu Cara Mengkonsumsi Air Putih Ketika Kerja Berat, semoga informasinya bermanfaat bagi netizen pengunjung website kami, terimakasih sudah berkunjug di Website INVIRO yang menginformasikan tentang artikel Cara Mengkonsumsi Air Putih Ketika Kerja Berat, Salam Sukses Selalu Ya.

Related Post "Cara Mengkonsumsi Air Putih Ketika Kerja Berat"

Keajaiban Minum Air Oksigen Bisa Terhindar Dari Stroke
Keajaiban Minum Air Oksigen Bisa Terhindar Dari
Keajaiban Air Minum Oksigen Yang Akan Membuat Anda Kagum
Keajaiban Air Minum Oksigen Yang Akan Membuat
Faktor Utama Ketika Tubuh Membutuhkan Air Oksigen
Faktor Utama Ketika Tubuh Membutuhkan Air Oksigen
Air Minum Oksigen Di Percaya Bisa Mengontrol Berat Badan
Air Minum Oksigen Di Percaya Bisa Mengontrol